Senin, 04 April 2016

RPL itu menyenangkan lho??

Aku ambil Jurusan RPL??






Sebelumnya..mari kita  baca sejarah dari RPL sendiri??

Sejarah Software Engineering
Istilah software engineering digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Saat itu, masih terdapat perdebatan tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak. Pada tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap pengembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat.
Pada tahun 1960-an hingga 1980-an, banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat lunak. Banyak project yang gagal, hingga masa ini disebut sebagai krisis perangkat lunak. Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari project yang melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan kematian. Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak. Selama bertahun-tahun, para peneliti memfokuskan usahanay untuk menemukan teknik jitu untuk memecahkan masalah krisi perangkat lunak. Berbagai teknik, metode, alat, proses diciptakan dan diklaim sebagai senjata pamungkas untuk memecahkan kasus ini. Mulai dari pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi objek, pernagkat pembantu pengembangan perangkat lunak (CASE tools), berbagai standar, UML hingga metode formal diagung-agungkan sebagai senjaat pamungkas untuk menghasilkan software yang benar, sesuai anggaran dan tepat waktu. Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel No Silver Bullet, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktek yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitas pengembanan perngkat lunak dalam tempo 10 tahun.

Sebagian berpendapat, no silver bullet berarti profesi rekayasa perangkat lunak dianggap telah gagal. Namun sebagian yang lain justru beranggapan, hal ini menandakan bahwa bidang profesi rekayasa perangkat lunak telah cukup matang, karena dalam bidang profesi lainnya pun, tidak ada teknik pamungkas yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi.

Tujuan RPL

                           Tujuan RPL



PENGERTIAN

Rekayasa Perangkat Lunak - atau yang biasa disebut "RPL" jadi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) adalah sebuah jurusan yang berada di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan Universitas, RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Termasuk Jurusan Teknologi dan Informasi yang didalamnya berisi banyak Pelajaran pelajaran yang berbasis Teknologi . Akan saya jelaskan seluk beluk dari anda masuk jurusan ini dan sudah memulai belajar tentang RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Sampai Lulus dan akan mau memilih kerja apa kedepannya. Oke Simak baik baik sampai habis.
Saya sendiri adalah Pelajar di Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) masih kelas 10 di SMKN 2 KOTA MOJOKERTO (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 KOTA MOJOKERTO) .Awalnya saat pendaftaran sekolah,saya sudah berencana daftar kesekolah SMAN dan saya ingin mengambil jurusan IPA karena diantara MAPEL UN saya yang paling baik nilainya adalah IPA dan saya juga senang dan tertarik dengan pelajaran tersebut.Lain halnya dengan pendapat ibu saya bahwa dia menyarankan saya untuk ke SMK saja,hari pertama daftar saya bertekat daftar ke sekolah yang saya inginkan dan tak terpikirkan untuk daftar ke SMKN2 .Dan kemudian berakhirlah saya dengan kegelisahan bahwa saya tidak diterima di sekolah yang saya tuju,ibu saya menyarankan saya untuk ke SMKN2 dan saya hanya menurut,beberapa hari kemudian.. saya resmi di terima di SMKN2,saya masuk ke Jurusan RPL..pertama saya takut dan ragu masuk jurusan tersebut karena saya tidak minat dengan serba komputer,setelah beberapa lama.. saya mulai mengerti bahwa masuk ke jurusan RPL itu tidaklah rugi dan rasa keraguan saya hilang begitu saja,diri saya pun beralih menjadi suka dan makin penasaran dengan jurusan ini karena kita bisa mendapatkan ilmu yang luas tentang dunia komputer,karena bisa komputer itu sangat bermanfaat untuk kedepannya kitapun tidak akan kalah saing kepandaian dengan negara lain.Nah dalam hal ini saya sangat berterimakasih pada allah swt yang telah memberikan jalan terbaik dikehidupan saya,benar sekali apa yang kita anggap biasa belum tentu seperti anggapan kita tetapi sebaliknya.Jadi bagaimana dengan kalian??apakah kalian tertarik juga dengan jurusan ini..
PETA LOKASI SMKN2 KOTA MOJOKERTO



DALAM HAL INI JELASNYA

RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) adalah Jurusan yang bergerak dibidang IT/TI. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) bisa dibilang "Jurusan Baru" karena Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) ini masih belum lama di resmikan.


PELAJARAN YANG ADA DI RPL INI BERMACAM -MACAM
Sebetulnya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) itu Gampang ! tidak jauh jauh sama 3 hal ini
  • Coding
  • Desain
  • Algoritma
Didalam Coding , Desain dan Algoritma tersebut masih ada Point-Point penting RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Inilah point-point (Dibaca = Pelajaran Penting) tersebut :
Coding
  1. Pemograman Bahasa Pascal
  2. Pemograman Bahasa C
  3. Pemograman Bahasa C++
  4. Pemograman Bahasa Java
  5. Pemograman Bahasa Python (*)
  6. Pemograman Bahasa Delphi (*)
  7. Pemograman PHP & Mysql
  8. Pemograman JavaScript
  9. Pemograman AJAX (*)
  10. Pemograman Web Server
  11. Pemograman HTML
  12. Pemograman CSS
  13. And Many More...
Desain
  1. Photoshop
  2. Corel Draw (*)
  3. Video Editing (*)
  4. Web Design
  5. And Many More..
Algoritma
  1. Algoritma Dasar
  2. Algoritma tingkat Lanjut
  3. Microsoft Access
  4. Gerbang Logika
  5. Basis Data
  6. DFD (Data Flow Diagram)
  7. And Many More...
LAINNYA
  1. Perakitan Komputer
  2. Jaringan Dasar
  3. And Many More...
Jadi , Kesimpulannya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) itu tidak sekedar Membuat Program (Software) dan Membuat Web saja. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Itu Luas ^_^
NB : (*) Berarti tidak semua daerah atau sekolah mengajarkan pelajaran tersebut.
Hubungan keterkaitan RPL dengan ilmu lain dapat dilihat pada gambar dibawah ini


 Keterkaitan RPL dengan bidang ilmu lain

Keterkaitan RPL dengan bidang ilmu lain


  • bidang ilmu manajemen meliputi akuntansi, finansial, pemasaran, manajemen operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia, kebijakan, dan strategi bisnis
  • bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang, statistik, analisis numerik, dan matematika diskrit
  • bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan proyek, seperti ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, kualitas, manajemen resiko dan keandalan, perbaikan kualitas, dan metode-metode kuantitatif
  • bidang ilmu ergonomika menyangkut hubungan ( interaksi) antar manusia dengan komponen-komponen lain dalam sistem komputer
  • bidang ilmu rekayasa sistem meliputi teori sistem, analisis biaya-keuntungan, pemodelan, simulasi, proses, dan operasi bisnis


MEMILIH PEKERJAAN RPL

 Kalau bicara pekerjaan , Pastinya sesuai dengan Passion masing masing. Kalau anda ingin fokus pada 1 pekerjaan saat anda lulus, Saya sarankan untuk menekuni 1 bidang saat pertama kali masuk RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) . Misal Anda menyukai "Pemograman Web" ya saat pertama kali masuk anda harus meresapi dan memahami apa itu Pemograman Web , tapi bukan berarti anda melupakan Pelajaran selain Pemograman Web.
Berikut inilah Daftar pekerjaan lulusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).
  • Programmer Java (Kurang Lebih 3 Juta untuk Junior)
  • Programmer PHP (1.5 Juta sampai 3 Juta untuk Junior)
  • Web Designer (4 Juta sampai 6 Juta)
  • IT Manager (15 Juta Perbulan syaratnya anda sudah Professional dengan bidang IT)
  • Analisis Sistem (6 Juta - 10 Per tahun 2010)
  • Masih banyak lagi contohnya
  • Database Administrator
  • ERP Consultant
  • Software Engineer
  • Network Engineer
Untuk Masalah gaji itu gaji rata rata di indonesia . Dan yang utama tergantung perusahaannya .

Sumber:
http://www.blogilyas.com/2015/10/apa-itu-jurusan-rekayasa-perangkat.html
https://tophanakbar.wordpress.com/2014/08/13/ruang-lingkup-rpl/

2 komentar: